Minggu, 07 Februari 2016

Langkah Pembuatan email di Google Mail (Gmail)

sumber : www.dur.ac.uk

Cara Mendaftar Email di Google Mail - Sebelum saya jelaskan langkah  - langkah pembuatan email Gmail dari Google, akan saya ulas sedikit mengenai apa itu email dan fungsinya.
Email ( Electronic mail ) atau kalau di alih bahasakan ke bahasa Indonesia adalah surat elektronik yang dilambangkan dengan tanda @ (dibaca at ) berfungsi sebagai sarana untuk saling mengirim surat baik berupa berkas teks, foto, ataupun suara melalui jalur jaringan komputer (misalnya internet).

Email sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan mainframe yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, email sudah bisa dinikmati oleh
khalayak umum. Jadi, email akan dapat di akses jika menggunakan perangkat komputer, tab, laptop atau smartphone yang tersambung dengan koneksi internet.

Seiring dengan perkembangan internet kini email tidak hanya digunakan untuk berkirim pesan ekeltronik. Kini email menjadi salah satu fasilitas yang wajib kita miliki ketika hendak mendaftar akun sosial media seperti akun Facebook, twitter, instagram, ataupun akun trading bitcoin juga kepentingan lain yang membutuhkan email untuk mendaftar. Apalagi perusahaan-perusahaan besarpun mulai menggunakan email sebagai sarana untuk menerima surat lamaran pekerjaan.

Penyedia layanan email gratis yang populer diantaranya Yahoo mail, hotmail, Gmail. Gmail adalah salah satu layanan andalan dari Google. Yang istimewa dan yang saya suka dari Google adalah tidak hanya sebatas untuk berkirim email saja, namun dengan kita memiliki satu akun Gmail maka kita sudah secara otomatis bisa mengakses fitur lainya dari Google seperti YouTube, Drive, Goggle+, blogger, googleAdwords dan lainnya.

Mendaftar email sebenarnya terbilang cukup mudah, tetapi faktanya masih banyak yang belum paham mengenai langkah-langkah pembuatan email Gmail. 

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan email di Gmail.com

1.  Langkah pertama kunjungi halaman Google Mail (Gmail).
2.  Isilah kolom-kolom yang ada dengan data anda :



  • Nama : isi dengan nama anda, nama depan dan nama belakang
  • Pilih nama pengguna : isi dengan alamat email yang anda inginkan
  • Buat sandi : buat kata sandi yang sulit ditebak tapi mudah anda ingat
  • Konfirmasi Sandi Anda : ulangi memasukan sandi anda sebelumnya
  • Tanggal lahir : isi dengan tahun, bulan , tanggal kelahiran anda.
  • Gender ; pilih sesuai jenis kelamin anda
  • Ponsel : Gunakan no HP yang aktif untuk kemanan
  • Alamat email anda saat ini : isi dengan email anda saat ini ( jika sudah punya email)
  • Buktikan bahwa Anda bukan robot : isi dengan mengetikan sesuai captcha atau teks yang tampil
  • Lokasi : isi sesuai dengan negara anda tinggal
  • Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google
  • Klik tombol " Langkah Berikutnya"
NB : untuk membuat santi yang tumit saya menyarankan memakai variasi karakter, huruf, angka dan simbol. Dan kata sandi mudah di ingat ya! Jika gambar dari captha sulit di identifikasi maka bisa di klik tombol yang reload capthca yang di simbolkan menggunakan panah berputar.

3.  Tarrrammm !!! Selamat anda sudah punya email baru. 

Selanjutnya anda bisa merubah tampilan foto profil dengan mengklik profil anda disebelah kanan atas, lalu klik ubah pada tampilan foto anda, pilih foto dari komputer anda, klik tetapkan sebagai foto profil. Selesai merubah foto profil klik tombol "Lanjutkan".
Sampai disini akun Gmail anda sudah siap digunakan.
4.  Pada bagian kanan atas sebelah profil terdapat tombol pintasa Aplikasi Google, klik gmail jika melanjutkan k email gmail.
Itulah penjelasan mengenai Langkah pembuatan email Gmail atau cara daftar email gratis dari Google. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk semuanya Trimakasih sudah berkunjung ke blog carainiaja.blogspot.com .

0 komentar:

Posting Komentar